Minggu, 30 November 2008

Kelebihan dan kekurangan SPECIALIST

Pernahkan anda mendengar 1 profesi di Accretia bisa melumpuhkan Black Knight dan Shield Miller ?. Seperti apakah profesi tersebut, jawaban nya adalah spesialis. Spesialis di Accretia memiliki keunikan dibanding spesialis yang lain, namun terdapat kelemahan vatal di profesi ini ; yaitu tidak adanya skill yang cukup membantu anda untuk leveling. Berbeda dengan Bellato yang punya Force Holy dan Cora yang punya Sealed Animus dan Dark Force.

Lantas bagaimana cara mengembangan karakter ini menjadi kuat ??. Karena keterbatasan yang dimiliki oleh spesialis Accretia, disini Accretia mempunyai senjata yang bisa dibilang mematikan didalam RF Online. Yaitu Launcher Bomb, Launcher bomb mirip dengan serangan de-buff ke musuh maupun buff support ke teman. Namun de-buff yang dimiliki spesialis Accretia cukup membuat musuh tidak dapat berbuat apapun dan bahkan menghentikan penggunaan potion untuk sementara.

Level 1 - 40 adalah masa sulit bagi Accretia dengan profesi spesialis, dikarenakan seperti yang anda baca sebelumnya ; jumlah HP yang sangat kecil dan serangan yang diturunkan sebesar 10% dari profesi normal. Dari sini anda harus belajar untuk bergabung dalam grup untuk menaikkan level.

Namun di level 41 - 50 adalah masa emas bagi Spesialis dengan Job Scientist, dikarenakan anda sangat-sangat dibutuhkan didalam grup. Hampir di level-level ini Accretia tergantung pada Job Scientist. Dikarenakan bisa mempermudah leveling dan bisa menghidupkan karakter yang sudah mati. Disini anda hanya perlu menembakkan bomb tanpa perlu menyerang monster tersebut. Cukup enak untuk leveling tanpa harus terkena resiko terpukul monster.

Berbeda dengan Battle Leader, job ini bisa dikatakan andalan didalam Chip War. Dengan skill andalanya Gauge Break dan Increase Speed, menjadikan profesi ini sangat spesial dibanding Scientist. Gauge Break sangat berguna untuk menurunkan tingkat pertahanan musuh sampai tingkat nol (anda seperti terlanjang jika terkena skill ini). Skill yang paling ditakuti para defender dari bangsa lain. Skill yang tidak kalah nya adalah Increase Speed, seperti kita ketahui Accretia mempunyai serangan tercepat dan terbesar di RF Online dan bagaimana jika skill Increase Speed diberikan pada Ranger, maka kecepatan lari akan jauh lebih cepat dibanding milik Bellato dan Cora.

Battle Leader umumnya akan merasa kesulitan di level 41 - 50, karena hampir semua grup yang mengatasnamakan "leveling cepat" maka Battle Leader hampir bisa dipastikan tidak terpakai dan akan kesulitan mencari sebuah grup.

Keuntungan dari speaislis adalah semua PT bisa GM dan setelah itu anda dapat berganti sesukanya memilih profesi. Dan juga jangan dilupakan peluru bomb yang dimiliki hanya Accretia, sering-seringlah menggunakan bomb tersebut jika Chip War atau menemukan karakter yang sulit dibunuh atau bahkan disaat leveling.

Memaksimalkan semua PT dari Spesialis adalah pengorbanan besar, anda bisa membayangkan bagaimana caranya memaksimalkan PT jarak dekat dengan HP yang bisa dikatakan secuil dan belum lagi serangan diturunkan 10%. Dan juga untuk pertahanan dan persai cukup berat, karena HP yang kecil jadi momok dan akan sering sekali terjadi exp turun karena mati.

Untuk masalah Crafting adan sebaiknya memilih Scientist, karena ada isu kalau Scientist bisa mendatangkan uang sangat banyak ; baik dalam hal membuat senjata maupun armor dan meng-upgrade senjata maupun armor Scientist mempunyai keunggulan dibanding Battle Leader. Dan juga PT bonus crafting lebih besar didapat dibanding Battle Leader. Untuk masalah isu tersebut kami masih menyelidiki hal ini.

Namun untuk mengembangan karakter ini hanya ada satu pesan dari kami, "Jangan pernah menyerah walaupun CP turun sampai ribuan dan uang habis dipakai untuk meningkatkan PT anda, karena hasil akhir akan sangat menggembirakan"
Specialist, A Long Way to reach

Tidak ada komentar:

Posting Komentar